30 Menit Perayaan Tahun Baru, Sama Dengan 300 Miliyar Lebih

PROLOG  :  “DISANA BANYAK BLOG MEMBAHAS SENANG-SENANG DI MALAM TAHUN BARU, DI SINI SAYA BEDA”  BAGAIMANA DENGAN ANDA?????????

Bentuk perayaan pergantian tahun baru di setiap kota, desa, sampai di belahan negara-negara sono, hampir semua sama. Tiupan terompet, memukul kendang, dan juga panci, wajan,  emang ada ya.. hee… sampai yang populer di segala negara menyalakan kembang api.  Sangat meriah, emang. Mulai dari anak muda-mudi yang membawa pacarnya keluar untuk menyaksikan pergantian tahun baru, hingga kakek-kakek, nenek-nenek bahkan ada yang membangunkan balitanya keluar. Katanya kapan lagi kita tahu pergantian tahun yang hanya satu kali setahun.

Perayaan pergantian tahun yang diawali dari belahan dunia paling timur, hingga kawasan paling barat, bersorak sorai dengan menyalakan kembang api, berjubel di jalan-jalan. Mereka semua bersenang-senang walau krisi global sedang melanada.

Bagaimana dengan indonesia,?? negeri kita pun gak mau kalah. Kalau kita cermati, siapa yang untung? pasti semua sepakat, yaitu pembuat kembang api. Bisnis mereka lancar, pendapatan melimpah.

gak usah jauh-jauh, di tempat saya surabaya, misal satu kembang api kita beli Rp. 15. 000 Rupiah, itu yang paling kecil letusannya, dikalikan 100 orang yang beli, hasilnya 1.500.000 jt. Kembang api itu menurut saya hanya bikin kaget tikus aja, heeeeeeeeeeee………….. :D  Coba jika yang satu kembang api harganya 50.000 rb bahkan ada yang sampai 100.000 rb, udah berapa juta?

Itu masih rakyat biasa yang beli, kalau pemerintah pusat, daerah yang ingin daerahnya meriah yang beli, mereka gak mau beli yang kecil kayak gitu khan…!!!

Apalagi di indonesia, selain menyalakan kembang api juga mengundang artis, weleh-weleh……… berapa juta bahkan berapa miliyar pengeluaran pemerintah. Katanya krisis, tapi buktinya mana????????

Seperti di ancol, untuk beli kembang api aja sampai 4 miliar. Duit kabeh iku ta????   Semalam saya hanya membayangkan dan merenung sendiri, kira-kira berapa miliar untuk menyalakan kembang api jika setiap rumah menyalakan kembang api. Gak kebayang  broo…

Saya paling jengkel, jika yang mengadakan perayaan kembang api dari pemerintah daerah atau kota atau pusat, pasti itu dari uang rakyat khan….!!! gak mungkinlah pihak pemerintah mengeluarkan duit buat beli kembang api dari kantongnya sendiri.

Edaaaaaaaannn….. kita ini. seharusnya kita banyak instropeksi diri, umur kita menambah. Bahkan ada yang berpendapat umur kita berkurang. Kok malah hora-hora, senang-senang.

Kembang api yang menyala kira-kira hanya 5 – 10 menit untuk satu kembang api. Terus jika durasinya sampai 30 menit, waahhhhhhh……… berapa aja itu kembang api yang dinyalakan? dan berapa miliar aja duit yang dikeluarkan.

Itu jadi ladang bisnis pembuat kembang api yaaaaa…. seandainya saja ada kembang api lewat internet,  ia nyembur lewat internet melalui PC/komputer kita, wahhh….kita gak usah keluar berjubel-jubel di jalan. Apalagi kembang apinya bisa didownload secara gratis,   Haaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa…………………………………..  bakal rame warnet-warnet, ada kembang api nyembur lewat komputer…

Sampai disini dulu kawan. Bagaimana di tempatmu kawan, apa rame, penuh hura-hura, atau malah sunyi senyap gak ada apa-apa,  yang ada cuma kodok ngorek ditemani tikus dan kamu,        heee……….    Silakan tambah sendiri.. dikoment bawah………

28 Tanggapan

  1. aku g nyangka sampe sgitunya y..astaga…
    anggaran yg banyak sekali untuk sekali event y, untungnya aku g pernah sampe gimana2 banget untuk mrykn thn baru, semuanya biasa aja, aku bahkan g pernah punya planning khusus untuk thn baru, asal di rumah aja, nonton tipi (biasanya acara tipi jd bgs2), udah bkn betah dech thn baruannya🙂
    maksh y udah mampir k blogQ
    salam kenal dan met thn baru, smeoga sukses selalu

  2. Wah, saya sangat setuju sekali dengan pendapat mas….
    Memang gak sopan banget alo pemerintah menghmbur- hamburkan uang rakyat hanya utk beli kembang api dan berpesta pora dalam semalam….

    Mendingan uangnya dibelikan beras utk masyarakat miskin dan kurang mampu….

    Salam hangat ya mas….

  3. Aktivitas akhir tahun bagusnya sih diisi dengan muhasabah saja, refleksi amal keburukan kita yang sudah lewat untuk kita jadikan bahan perbaikan di tahun berikutnya, seperti hijrahnya Rasulullah saw, membawa semangat perbaikan dan kemanfaatan.

  4. kita tidak perlu harus percaya pada pemerintah untuk menjadi penduduk yang baik.
    Kita hanya perlu percaya pada negara kita Indonesia, hehehe
    Hepi Nu Yer 2009, salam knal🙂

  5. Mas aku gak tahun baruan, kayak yang tipi2
    diruang tamuku terpancar segudang hiburan dari musik, film, lawak, informasi. Kenapa harus keluar rumah, didalam rumah aja udah bingung mau milih yang mana.
    Selamat Tahun Baru 2009 and Good Luck
    Salam kenal.

  6. Tahun baru dirumah nonton TV, murah meriah en banyak pilihan.
    Selamat Tahun Baru 2009 and Good Luck

  7. saya gak beli terompet. udah gak jaman. terompet mah untuk anak-anak hihihi…😆

    biasanya tahun baru saya gak ngerayain. tapi teman-teman ngajak kumpul bareng. bakar makanan bersama-sama. sharing cerita dll. saya sendiri gak menganggap itu sebagai perayaan, tapi lebih seperti kumpul bareng aja.😕

  8. tahun baru yang di rayakan sana sini hampir sama semua, tapi saya merasa asyik dengan rekan rekan saya, berdoa bersama dilanjutkan dengan makan ikan bakar 7 kilo. waaaaaaaah…. rasanya mantab.

  9. Kalo ada kembang api nyembur lewat komputer bisa2 ada kebakaran dimana-mana Kang. Hehe😀

  10. Menurut saya pesta kembang api itu kan untuk moment tahunan pergantian tahun yg hampir dirayakan dipenjuru dunia, tak kecuali di Indonesia. Pesta kembang api banyak orang menikmati & menyukainya. Sebaiknya ada sponsor perusahaan yg membeli kembang api tersebut & memakai uang rakyat bisa ditekan seminimal mungkin. Apalagi uang rakyat dikorupsi… tambah rusak

    http://iwanmalik.wordpress.com
    Info Pendidikan & Wirausaha

  11. saya jg ga ngerayain tahun baruan yang berlebihan gitu palingan ngumpul ama temen2..

    mantap mas postingannya..

  12. saya berkumpul saja bersama keluarga, makan dan ga lupa berdoa🙂

  13. yang penting happy aja, khan udah ada kpk. Klu mo lapor tinggal datang ke gedung kpk tyus tunjuk sapa yang pake uang rakyat, beserta barang bukti….

  14. wah.. 4M jadi ngiler..

  15. mmmm….uang segitu bisa bikin perusahaan , he he he

  16. 300 M?
    jajan gue seumur hidup tuh..
    hha*


    @sarahtidaksendiri,
    begitulah reall-nya. dan itu menjadi kebiasaan di negeri kita.tidak dipungkiri lagi.
    salam kenal kembali
    @Fahrisal Akbar
    yup, bukan gak sopan lagi, tapi udah gak berjiwa, cocoknya dimasukan RS-jiwa aja, 😀
    salam hangat kembali.
    @Evyta,
    oke, setuju mas,.
    dan juga, jangan sampai tahun lalu yang jelek akan terulang kembali di tahun kedepan.
    @bias,
    percaya ama negara indonesia?????? bukannya yang ngatur indonesia itu pemerintah juga….!!!!! Aneh…..
    gini aja mas, pemerintah itu khan manusia, yaaa… ubahlah dari diri kita dulu. gitu aja, Oke…. salam kenal kembali.
    @antokoe
    heee………heeeeeeeeee………. bayak hiburan ya…. tapi itu khan ada dananya, kira2 dari mana tu??
    makasih dah kunjung ke sini.
    @ck
    heeee……tapi anehnya masyarakat kita, terutama yang dah gede2, ikut beli juga.
    kumpul bareng, siiipppp…. setuju.
    @Bung Nashyr,
    7 kilo, waaaaaaaaaaahhhhh……… tu ikan semua apa ada tambahannya…??? mantab yaa…!!
    @sha
    haaaaaaaaaa………….. ya jelas kebakaran semua,.itu mungkin aja bisa terjadi khan…!!!
    @iwanmalik
    yup, harusnya begitu, tapi, apa mau pihak pemerintah terutama yang ngurusi kantor pemerintah meminimalisir pengeluaran tahun baru??? PERTANYAAN MENDASAR, APA KITA MAU MENYOBLOS PERSIDENT PADA PEMILU DEPAN, KALAU KITA TAU SEPERTI INI??
    @emfajar
    siiippp……….setuju, itu khan gak pake’ uang rakyat, tetap pake uang kita sendiri. Okeeeee……..
    @Nike
    bekumpul keluarga, ueenak ya….sayang keluargaku jauh buanget… Thanks…mbak
    @Galang
    Itu gak semudah membalikkan telapak tangan mas, bagaimanapun kita lapor akan menjadi ruet permasalahan. apa lagi KPK, sapa yang ada di KPK, kita gak tau khan…!!!
    @Rian Xavier,
    kalau ngilerr….bawa Baskom mas, Heeee……….entar muncrat ke sini gawaaaaaaat…
    @nurrahman18
    bukan hanya perusahaan, bahkan pulau madura, bawean bisa kita beli, Heeeeeeee…………….
    @Rossa
    Jajan seumur hidup,..mmmmmmmmmm…….. kok cuman jajan, bahkan penjualnya aja bisa kita beli,…Heee………
    MAKASIH SEMUA UDAH KEBUKA MINSEDNYA. Gimana yang lain…????

  17. wahaha..

    bener juga tuh itung2an nya..

    untung nya sayah ga pernah beLi kembang api.. hhe.
    nebeng ngeLiyatin orang aja.hho

    saLam kenaL juga bro..


  18. Haaaa……….nebeng, kayak naik angkot aja…. hati-hati kalau nebeng. selamat berkenalan ama aku ya…. heee……..

  19. Dari pada buat kembang api??? lebih baik sumbangin aja kepada yagn membutuhkan …😛

  20. beruntung saia bukan tipe orang yang terlalu suka hambur” uang untuk hal” yang “tidak berguna” seperti itu
    daripada hura” mending ditabung buat hadapi krisisi global😛

  21. tahun baru. mending tidur aja. hehehehe…atau lihat tv sambil ngenet. dapet info banyak tuh.


    @accan
    siiiiiiiip… emang begitu seharusnya
    @Treante
    terus tipe orang yang ngirit ya,,….
    siiiiiiiiiipp deh… krisis global harus kita hadapi dengan semangat.
    @ressay
    Alooo.. bang gimana, koment kok cuman sak iprit. malam tahun baru jangan tidur bang, gak tahu informasi besok tu,.. heee……… betul ngenet aja atau liat info-info gitu.

  22. “Sampai disini dulu kawan. Bagaimana di tempatmu kawan, apa rame, penuh hura-hura, atau malah sunyi senyap gak ada apa-apa… .”

    WAH, LHA SAIA NGRAYAIN TAON BARUNYA JUGA DI KOTA SAMPEYAN, SUROBOYO. CANGKRUK DI TAMAN BUNGKUL MA AA TRCINTA, NGOMBE KOPI MAS JERRY, SAMBIL NGLIATIN ORG2 DI JALAN YG DIGEBUKIN TENTARA KRNA NUTUP JLN… .

  23. ini memang udah jaman edan… ngumpulin duit segitu cuman buat di bakar aja… edan… mending di sumbangin buat para korban banjir tu…🙂

  24. ngarayain taon baru itu gk mesti jalan2 ke tempat yg jauh2 sampe ngabisi uang tabungan, gak mesti beli ini itu…
    yang penting berdoa agar ditaon depan bisa lebih baik…

  25. hehhe. Memang. AKu pun sudah membahas itu di blog aku. Bukan saja negeri ini yang banyak terpimpa bencana. Lihat saja Palestina. Pada saat dua tahun baru, mereka dibantai oleh israel. memang, kayaknya pemimpin indonesia ini banyak yang gak sensitif ama lingkungan sendiri. Apa karena dirumahnya pagernya tinggi2 ya???

    ama tetangga aja belom tentu kenal apalagi ama rakyat. ehh Palestina apa lagi. Ya.. Allah, hukumlah mereka. KArena mereka sudah melampaui batas. AMIN

    Kunjungan balik mass ehh cak! hehhee

  26. malem tahun baru..
    yang jalan – jalan liat kembang api..
    walaupun seharga 15rb..
    saya nggak beli..
    numpang liat aja..
    he3x..


  27. @Mrs.Intan
    Hee….ngerayain tahun baru kok jauh amat mbak…. sampai ke surabaya lagi. makasih kunjungannya.
    @masiqbal
    Siiipp…setuju mas iqbal,
    @Myryani,
    Yupp.. harusnya begitu, bertafakkur bagaimana kehidupan tahun depan.
    @arie,
    makasih kunjungan baliknya.
    memang, adanya agresi israel ke palestina, sangat brutal. masak ama anak masih balita, kok gak ada belas kasihan.
    tenang aja mas, nanti mati juga kok,…
    @annosmile,
    Okeee……….. saya juga cuman liat aja kok,…
    tapi, hati dan pikiran saya membayangkan, berapa juta bahkan berapa miliyar aja uang buat beli kembang api???

    NGERII…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: