Antisipasi Serangan Virus pada Windows XP

viruss

Berikut ini tips,trik, en bekal pengetahuan yang bisa dimanfaatkan sebagai aksi preventif terhadap serangan virus :Kita semua tahu bahwa sistem operasi Windows adalah sistem operasi yang rentan terhadap serangan virus. Akan tetapi, virus biasanya menginveksi pada pengguna yang awam. So, kita tidak perlu khawatir terhadap virus selama kita mempunyai pengetahuan yang cukup.

1. Virus merupakan program kecil yang mempunyai kemampuan untuk menggandakan diri, memanipulasi data atau file, menyembunyikan diri, merusak file-file, etc. Sebagaimana software lain, virus tidak akan bekerja kalau tidak diaktifkan. Virus bisa aktif, ketika dibuka atau diklik dua kali oleh pengguna yang tidak tahu, atau tereksekusi ketika Windows Explorer diaktifkan.

2. Buat semua file ditampilkan, juga beserta ekstensinya oleh Windows Explorer dengan cara, pada Windows Explorer, klik Tools –> Folder Options.. Pada tab View, Klik Show hidden files and folders. Kemudian hilangkan tanda centang pada Hide extensions for known file types, juga hilangkan centang pada Hide protected operating system files (Recomended). Ini agar semua file ditampakkan, yang virus maupun file yang disembunyikan oleh virus.

3. Install software yang bisa merubah tampilan Windows, terutama tampilan folder, seperti style XP, vista inspirat, dll, agar folder tidak berpenampilan default, karena virus yang berbentuk folder akan mempunyai tampilan folder default, hingga jika mendapati folder dengan tampilan default, padahal tampilan sudah diganti, tinggal delete aja folder dengan tampilan asing tersebut.

4. Hati-hati terhadap file autorun.inf, folder.htt, dan desktop.ini, karena file-file tersebut biasanya menjadi kaki tangan yang mengaktifkan virus. So, jika memasukkan flash disk or media storage yang lain, lihat dulu pake command promt untuk melihat isinya dengan mengetikkan dir/a agar seluruh isi direktori ditampilkan beserta tipe filenya, sebelum membuka Windows Explorer. ‘Coz, file-file diatas biasanya tereksekusi bersama Windows Explorer. Jika menemukan kejanggalan pada isi file-file di atas, atau pada isi folder, langsung delete saja, tidak akan berpengaruh terhadap sistem, juga demi keamanan.

5. Install anti virus dengan update terbaru.

Satu Tanggapan

  1. ass..mas bleh tukeran link blog ga klo mw ni link blog sy http://infokomputer.tk d tunggu kbrnya d blog sy

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: