Pengajaran Sinergis

URAIAN SINGKAT

Metode ini merupakan perubahan langkah yang sesungguhnya. Metode ini memungkinkan para siswa yang memiliki pengalaman berbeda dalam mempelajari materi yang sama untuk saling membandingkan catatan.

PROSEDUR

1. Bagilah kelas menjadi dua (2) kelompok.

2. Kirimkan satu kelompok ke ruang lain untuk membaca topik yang Anda ajarkan. Pastikan bahwa materi bacaannya tertata dengan baik dan mudah dibaca.

3. Dalam pada itu, berikanlah pelajaran berbasis ceramah atau lisan tentang materi yang sama dengan yang sedang dibaca oleh kelompok yang ada di ruang sebelah.

4. Selanjutnya, baliklah pengalaman belajarnya. Sediakan materi bacaan tentang topik Anda untuk kelompok yang telah mendengarkan penyajian mata pelajaran dan sediakan materi pelajaran untuk kelompok pembaca.

5. pasangkan anggota dari tiap kelompok dan perintahkan mereka mengikhtisarkan apa yang telah mereka pelajari.

VARIASI

1. perintahkan setengah dari siswa untuk mendengarkan penyajian materi pelajaran dengan mata tertutup, sedangkan setengah siswa yang lain melihat informasi visual semisal melalui OHP yang menyertai penyajian materi pelajaran dengan telinga tertutup. Setelah penyajian materi pelajaran secara lisan tersebut usai, perintahkan tiap kelompok untuk membandingkan catatan tentang apa yang mereka lihat dan dengar.

2. berikan contoh konkret tentang konsep atau teori yang hendak Anda ajarkan kepada setengah dari siswa. Jangan katakan kepada mereka tentang konsep atau teori itu tanpa disertai contoh. Pasangkan siswa dari kedua kelompok dan perintahkan mereka untuk membahas pelajaran secara bersama.*

*Tulisan ini saya tampilkan sebagai penambah nafsu pembelajaran bagi para pendidik di indonesia. selamat membaca dan semoga sukses dalam mengaplikasikannya dalam ruang kelas. amiin.

5 Tanggapan

  1. menarik, penuh dengan tutorial

  2. @peyek
    tutorial merupakan sebuah cara, alat. dan jangan dijadikan sebagai tujuan itu aja. oke………. jika ada pendapat silakan call me.

  3. wah jadi pengajar memang mengasikkan

  4. sip2… bisa dicoba nanti

  5. @hanggadamai
    bisa bkin mengasyikan jika kita mampu mengkondisikan kelas dengan baik.
    makasih udah mau mampir
    @amru
    iyoooooooo………….. harus dicoba. bukan hanya sebagai bahan bacaan aja tapi ya harus di coba.
    makasih udah mau peduli ‘tuk komment.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: