Belajar Secara Mandiri Melalui Imajinasi

BELAJAR SECARA MANDIRI

Belajar bersama dan belajar dalam kelas penuh bisa ditingkatkan dengan aktifitas belajar mandiri. Ketika siswa belajar dengan caranya sendiri, mereka mengembangkan kemampuan untuk memfokuskan diri dan merenung. Bekerja dengan cara mereka sendiri juga memberi siswa kesempatan untuk memikul tanggul jawab pribadi atas apa yang mereka pelajari. Strategi yang berikut ini merupakan perpaduan teknik-teknik yang bisa digunakan di dalam dan di luar kelas.

IMAJINASI

URAIAN SINGKAT

Melalui imaji visual, siswa dapat menciptakan gagasan mereka sendiri. Imaji cukup efektif sebagai suplemen kreatif dalam belajar bersama. Cara ini juga bisa berfugsi sebagai papan loncat menuju proyek atau tugas independen yang pada awalnya mungin tampak membuat siswa kewalahan.

PROSEDUR

1. Perkenalkan topik yang akan dibahas. Jelaskan kepada siswa bahwa mata pelajaran ini menuntut kreatifitas dan bahwa penggunaan imaji visual dapat membantu upaya mereka.

2. perintahkan siswa untuk menutup mata, Perkenalkan latihan Relaksasi yang akan membersihkan pikiran-pikiran yang ada sekarang dari benak siswa. Gunakan musik latar, lampu temaram, dan pernafasan untuk bisa mencapai hasilnya.

3. lakukan latihan pernafasan untuk membuka “mata batin” mereka. Perintahkan siswa dengan mata mereka tertutup, untuk berupaya menggambarkan apa yang terlihat dan apa yang terdengar, misalnya ruang tidur mereka, lampu lalulintas seawktu berubah warna dan rintik hujan.

4. ketika para siswa merasa rileks dan terpanaskan (setelah latihan pemanasan), berikanlah sebuah imaji untuk mereka dalam bentuk.

Saran-sarannya meliputi :

· pengalaman masa depan

· suasana yang asing

· persoalan untuk dipecahkan

· sebuah proyek yang menanti untuk dikerjakan

Sebagai contoh, seorang guru membantu siswa menyiapkan sebuah wawancara kerja. Siswa diberi pertanyaan berikut ini :

· Apa yang kamu kenakan?

· Jam berapakah sekarang?

· Seperti apa sih kantor itu?

· Kursi seperti apakah yang kamu duduki itu?

· Di manakah posisi duduk si pewawancara?

· Seperti apakah si pewawancara itu?

· Apa yang kamu rasakan?

· Apa yang ditanyakan pewawancara kepada kamu? Bagaimana kamu menjawabnya?

5. sewaktu menggambarkan imajinya, berikan selang waktu henig secara reguler agar siswa dapat membangun imaji visual mereka sendiri. Buatlah pertaanyaan yang mendorong penggunaan semua indra, semisal :

· Seperti apakah rupanya?

· Siapa yang kamu lihat? Apa yang mereka lakukan?

· Apa yang kamu rasakan?

6. Akhiri pengalaman imaji dan instruksikan siswa untuk mengingat imaji mereka. Akhiri latihan itu dengan perlahan.

7. Perintahkan siswa untuk membentuk kelompok-kelompok kecil dan berbagi pengalaman imaji mereka. Perintahklan mereka untuk menjelaskan imaji mereka satu sama lain dengan menggunakan sebanyak mungkin penginderaan. Atau perintahkan mereka untuk menuliskan apa yang mereka imajinasikan.

VARIASI

1. Setelah siswa mengingat kembali bagaimana mereka akan bertindak dalam situasi tertentu, perintahkan mereka untuk merencanakan bagaimana mereka akan benar-benar bertindak berdasarkan apa yang mereka pikirkan.

2. lakukan latihan imaji di mana siswa mengalami kegagalan. Selanjutnya perintahkan mereka untuk membayangkan atau mengimajinasikan sebuah keberhasilan.

semoga bermanfaat

dari saya arek Suroboyo sing Pingin mmbelajar, lan belajar terus sape puass………

*Kutipan dari Buku “Active Learnig, 101 cara belajar sisw aktif”, karya MELVIN L. SILBERMAN dalam Edisi Revisi

3 Tanggapan

  1. metode PAKEM juga bagus tuh buat belajar mandiri

  2. @cactus
    tapi itu masih kaku kayaknya, ini kan merupakan praktek dalam pembelajaran. jadi lebih aplikatif.
    makasih udah mau mampir mbak……

  3. ngak kaku kok, malah nyantai. Peserta didik lebih dituntut aktif dan kreatif dalam pembelajaran. jadi guru sebagai mediator aj n tetep nyantai. tapi emg di masing2 metode ada kelemahan dan kelebihannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: