9 Penyebab Ketakutan Berbicara di Depan Umum

Hampir kebanyakan orang yang pernah merasakan berbicara didepan umum, pasti pernah mengalami ketakutan. Keringat dingin, gelisah, selalu merasa ingin ke toilet adalah sebagian refleksi dari rasa ketakutan tersebut. Berdasarkan hasil penelitian ada 9 penyebab ketakutan yang signifikan ketika berbicara didepan umum :

1. Takut akan gagal, ingin selalu sukses dan takut gagal malah kadangkala membuat ketakutan itu semakin besar.

2. Tidak ada rasa percaya diri, merasa diri tidak mampu untuk melakukan hal tersebut.

3. Traumatis, memiliki rasa takut dan merasa sendirian ketika berdiri di panggung dan semua mata melihat padanya.

4. Takut dinilai/dihakimi, hal ini terjadi karena adanya perasaan takut ketika banyak orang membicarakan dirinya atau pendapatnya.

5. Terlalu perfeksionis, perfeksionis baik, tetapi terlalu perfeksionis dan berharap terlalu banyak pada dirinya sendiri malah membuat efek negatif.

6. Takut akan orang banyak, merasa tidak nyaman dan tidak percaya diri ketika berbicara di depan puluhan, ratusan atau ribuan orang.

7. Kurangnya persiapan, persiapan yang minim membuat rasa takut untuk berbicara di cepan umum ini semakin menjadi-jadi.

8. Stress, menghindari stress ketika berbicara di depan umum.

9. Blank, takut tidak tahu apa yang harus dilakukan, apa yang harus dibicarakan ketika berbicara didepan umum.

Semua penyebab ketakutan diatas harus diatasi, pahamilah bahwa semua orang mengalaminya bahkan pembicara hebatpun pasti pernah mengalaminya. So…kenali dan taklukan penyebab rasa takutmu.

Goodluck

Sumber : kiriman email dari IBSC TV Presenter

12 Tanggapan

  1. cak, itu pengalaman sampeyan ta, sampeyan dodolan foto ta, kok makalahe foto tok

  2. bos lapo mau gak masuk , tugas akeh ojo’ ngenet ae

    sebenarnya aku mau masuk, tapi biasanya dosennya gak ada, jadi yaa…..gak usah masuk lebih baik belajar diluar bangku kuliah aja khan lebih luas, he…he..

  3. Bener banget tuch mas. Dulu saya orang ya gak pede banget. Tapi pas tahu semua orang punya kelebihan dan kekurangan, mempersiapkan diri kalo mo presentasi Alhamdulillah ….insya Allah sekarang mentalnya udah rada kuat dibandingin waktu itu.
    Intinya sering-sering latihan aja lama2 juga biasa.

    bettul harus sering latihan, dan juga ada tips nih, begini, kalau anda lagi presentasi, atau berbicara di depan orang, misal,; waktu presentasi makalah/seminar, beri/umpan peserta dengan kata/ucapan yang hip-hop. apa itu, gini; misal tentang teologi/ketauhidan, kata/ucapan anda “alqur’an itu hanya sebuah karangan muhammad”, semisal seperti itu, nah dari situ khan semua orang akan tertuju pada anda, manfaatkan waktu itu untuk berbicara apa saja yang relevan dari pembahasan. dan juga bnyak latihan. semoga sukses. by sun.

  4. aku masih sering grogi kalau harus presentasi resmi dihadapan puluhan ato ratusan peserta. kalau hanya sekedar belasan orang, seresmi apapun situasinya, aku kok malah santai ya..
    ada saran?

    wah ada kalanya orang itu bicara didepan orang banyak merasa pede ato tidak grogi. tapi ada juga yang jika bicara banyak orang malah grogi.
    @Lies.Surya
    mungkin saran saya cuman banyak2lah praktek bicara didepan orang, semisal, kalau anda masih mahasiswa, saat anda presentasi makalah, maka jadikanlah kesempatan itu untuk mengasah mental anda. meskipun hanya puluhan orang saja yang melihat anda.
    gini, ada sebuah cerita, ini saya ambil dari film. mungkin anda pernah melihatnya.
    saat itu ada beberapa orang muda ditangkap oleh para penjahat. kemudia mereka dibawa kesebuah kamar/ruangan. di situ mereka disiksa habis2san. dipecut atau dicambuk sampe berdarah. banyak yang meronta2 kesakitan, tapi ada satu orang tak merasakan sakit sama sekali.
    setelah penyksaan selesai, orang yang tak merasakan sakit itu ditanya, “kenapa kamu tidak mengeluh kesakitan sama sekali ..?..”
    ia menjawab “saya dapat menahan semua cambukan.., karena saya mantan sumo ..”
    “caranya..” tanya temannya penasaran.
    “semua pandangan, ingatan, saya alihkan. pikiran, saya keluarkan dari kenyataan yang sedang terjadi.”
    mungkin cerita diatas dapat menginspirasi anda sekalian. kesimpulan :
    Yaitu, kalau anda kepingin tak merasakan grogi sama sekali, anda harus bisa mengalihkan semua pikiran bayang2 yang menyebabkan anda grogi.

  5. Salam kenal bos.. Thx uda berkunjung ke blog ku..🙂
    Kalo untuk tips mengganti google denang banner saya blum tau dan belum coba.. Ntar kalo saya uda mencoba dan bisa menemukan caranya, saya akan tulis di blog ku..🙂

    salam kenal kembali boss…,, moga gak lupa postingannya makasih udah mau mampir………

  6. Mungkin begitu kenapa orang gagap kalau ngomong didepan orang banyak. tapi kalau sampai aktivis jadi begitu, waaa… alamat himpunan bisa tipis kalo begono kadernya. tapi di HMI gak akan tercetak kader yang demikian. profokatif dan lantang dalam beropini adalah salah satu identitas dari kader hijau hitam ini. saya juga belajar ngomong dari HMI lho. hehehe..

    makasih udah mampir di gubugku. jangan sampe ya mas seorang mahasiswa apalagi kader kok bicara di depan umum dredek, dah…pulang aja, angoooon wedoss. aktivis kampus harus berani dan tak gentar, apalagi soal berbicara di depan publik. sangat lucu kalau keder alias gemetar.

  7. Salam,

    Wah bermanfaat banget ya…

    Salam,

    _dee_

  8. berbicara itu seni…
    dan memang harus dipelajari…

    selamat belajar ^_^

  9. help me please friend!!!!!!!!!!!!!!
    npa ya stiap kuw bicara ma org2 tertntu kadang2 suka grogi gitu…….
    kadang mpe keringetan,dag dig dug gitu deh…
    gimana ya cara mengatasinya??????

  10. aku sama sekali belom pernah berbicara didepan orang banyak aku merasa takutga bisa ngomong.
    gimana caranya biar aq bisa bicara diepan umum

    @hermawan
    makasih udah mampir,. sebenarnya kita pernah bicara di depan orang mas, coba ingat, pernahkan anda bicara ama teman anda, merasa takut gak, tidak khan…….. nah caba praktikkan bicara anda di depan orang banyak, seperti anda menghadapi atau berbicara di depan teman anda sendiri, pasti bisa………..dan juga itu tidak hanya teori saja, jika anda mau berhasil berbicara di depan orang banyak, berlatih adalah jalan terbaik. tanamkan dalam diri anda untuk memulai berlatih, berlatih dan berlatih, pasti bisa. God lucky.

  11. @Dee
    salam juga
    @Natazya
    seni…..mmmmmmmm……..boleh. sebenarnya semua manusia dibekali tuhan ….. selamat belajar.
    @shega fraty likpanita
    oke…oke…. disini kawan saya tidak bisa mengatasi masalah anda secara manjur, tapi itu tergantung anda, artinya semua teori bisa berjalan dengan baik jika ada kemauan dari diri anda sendiri. begini, soal grogi, saya pun pernah merasakannya, tapi coba fikiran anda bebaskan. artinya, jika anda presentasi, atau pidato, memberi sambutan di acara tertentu, jangan berpatokan ama teks, misalnya harus gini2, tidak. dan anggap semua hadirin butuh pembicaraan anda. dan juga banyak2lah berlatih. oke………

  12. satu hal lagi yang perlu juga diketahui oleh rekan-rekan sekalian, dalam berbicara di depan umum ialah “Penguasan Materi” sebelum memulai berbicara diharapkan menguasai materi yang akan disampaikan, sehingga apa yang kita sampaikan tidak lari dari konteks pembicaraan,,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: